14 April 2018

Tutorial Dasar Menggunakan Pen Tool di Photoshop dan Illustrator

Tutorial Dasar Menggunakan Pen Tool di Photoshop dan Illustrator

Tutorial Cara Menggunakan Pen Tool di Photoshop dan Illustrator – Salah satu alat yang sangat berguna namun dianggap sulit untuk digunakan di Photoshop adalah Pen tool. Sehingga banyak orang tidak menggunakan Pen Tool, meskipun sudah bertahun - tahun menggunakan Photoshop.

Pen tool memang sangat sulit pada awalnya, namun dengan sedikit belajar untuk mengetahui cara penggunaannya lalu diikuti dengan latihan akan lebih memudahkan untuk memahami dan bahkan menguasai cara penggunaan Pen tool.

Pen tool sangat berguna, apalagi untuk orang yang senang menggambar secara digital, misalnya jika kalian ingin membuat bentuk, objek, karakter atau gambar kartun di komputer bahkan memotong.

Sebenarnya pen tool tida hanya ada di Photoshop, di adobe illustrator pun ada, dan tidak jauh berbeda, bahkan bisa dibilang sama. Oleh karena itu informasi pada tulisan kali ini bisa digunakan di dua aplikasi tersebut.

Nah, untuk kalian yang ingin sekali menguasai Pen tool, mari kita bahas tutorial dasa pen tool, tentunya dengan mempraktekkan ya. Berikut tutorial yang bisa kalian ikuti.

Dasar dasar pen tool

1. Fungsi fungsi pada pen tool

  • Dengan cara klik pada kanvas untuk membuat jalur dengan segmen lurus, klik dan seret untuk membuat jalur dengan melengkung (curva)
  • Pen tool Free hand/ pen tool tangan bebas. Klik pada kanvas dan seret untuk menggambar jalan dengan bebas, seolah menggunakan sikat.
2. Shortcut keyboard pen tool

Tekan P untuk Pilih Pen tool atau dari tool lain pindah ke pen tool, tergantung tools yang terakhir digunakan.

3. Control keyboard
  • Tahan Ctrl dan klik kanvas. Membuka menu pilihan
  • Tahan Shift untuk membatasi pergerakan ke 45 °, 90 °, 135 ° atau 180 ° saat membuat atau mengedit titik jangkar dan pegangan.
  • Pilih anchor point dengan Direct selection tool dan klik Delete . Segmen jangkar dan segmen jalan yang disebelah dihapus meninggalkan dua jalur.
  • Pen tool + Option (Alt) : perubahan pada Convert anchor point tool.
  • Pen tool + Option (Alt) saat mengedit kurva bezier: split curve (unhinges handle).
  • Pen tool + Command while create path: perubahan pada Direct Selection tool yang memungkinkan reposisi poin jangkar yang diambil sebelumnya.
4. Options Bar

terletak di bagian atas layar Anda, menyediakan opsi yang paling penting untuk alat mana pun yang dipilih.

  • Preset: Memungkinkan preset disimpan untuk memilih alat yang dipilih. Tentukan opsi seperti yang didiskusikan di bawah ini dan simpan sebagai Preset untuk segera kembali ke pengaturan tersebut nanti.
  • Shape Layers : ketika ini dipilih, jalur yang dibuat akan berkontribusi pada bentuk, terlihat dalam palet Paths dan dalam palet Layers sebagai topeng vektor.
  • Paths: saat ini dipilih, jalur yang dibuat akan berkontribusi pada jalur, terlihat dalam palet Jalur.
  • Fill Pixels: Opsi tipe jalan ketiga, tersedia saat salah satu alat bentuk dipilih. Saat ini dipilih, jalur yang dibuat akan menjadi area yang diisi.
  • Freehand Pen Tool: Memilih Alat Pen Tangan Freehand.
  • Rubber Band: Tersedia dari dalam dropdown Pilihan Pena ketika Pen Tool dipilih. Karet Band memberikan visual tentang jalan yang akan Anda buat, tanpa Anda menekan kursor di kanvas.
  • Curve fit: Tersedia dari dalam dropdown Freehand Pen Options saat Freehand Pen Tool dipilih. Nilai yang dimasukkan menentukan keakuratan yang menangani bezier akan ditambahkan ke jalur yang ditarik bebas. Semakin tinggi nilainya, semakin akurat hasil Anda nantinya. Nilai antara 0,5 dan 10 piksel diperlukan.
Ok, cukup segini dulu tutorial dasa menggunakan pen tool. Karena masih banyak cara mrnggunakan pen tool, saya tidak akan membahas pada postingan ini semua,

2 komentar


EmoticonEmoticon